Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mempersiapkan Dana Darurat




Kali ini kita akan membahas tentang dana darurat, tapi banyak orang yang tidak familiar dengan dana ini.

Secara sederhana dana darurat itu berapa lama kita bisa bertahan hidup dengan pengeluaran saat ini, bila kita tidak memiliki pendapata  sama sekali.

Kenapa kita harus memiliki dana darurat?

Banyak yang merasa, selama ada tabungan dan tagihan-tagihan bisa terbayar atau pengeluaran kita terpenuhi langsung berinvestasi. Tanpa mempersiapkan dana darurat dan juga dana asuransi yang keduanya sangatlah penting.
Karena hidup ini penuh dengan ketidakpastian, maka, tugas kita adalah merencanakan kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi dalam hidup kita. Seperti kata pepatah BETTER SAVE DAN SORRY.
Siapa yang menyangka tahun 2020 virus yang memporakporandakan ekonomi dunia termasuk indonesia.
Kita tidak pernah tau badai phk menghampiri kita, atau pemilik bisnis yang jualannya sepi, pasti akan mempengaruhi roda ekonomi.
Hal inilah yang membuat dana darurat begitu penting, yang dapat kita gunakan dimasamasa terburuk.

Berapa dana yang perlu kita siapkan?

Tidak ada angka pasti, setiap individu memiliki background yang berbeda-beda.
Ada yang bilang 3 kali pengeluaran bulanan untuk yang single, 6 kali untuk yang sudah menikah dan bagi yang sudah berkeluarga ada yang bilang 1 tahun prngeluaran perbulannya.

Apa saja faktor pengeluaran yang perlu kita perhatikan?

Yang terpenting adalah biaya hidup kita seharihari seperti makan, listrik, air dan mungkin juga internet.

Selain itu kita harus pikirkan orang-orang yang menjadi tanggungan kita seperti istri, anak atau orang tua dan jangan lupa untuk yang memiliki tanggungan cicilan harus disiapkan.

Ingat dana darurat harus berbeda dengan investasi ataupun tabungan.
Sebaiknya sebelum kita berinvestasi lebih baik kita mempersiapkan dana darurat terlebih dahulu, untuk menghadapi kemungkinan terburuk, dan dan darurat ini harus cepat pencairannya, maksimal 24 jam kita sudah dapat menggunakan dana tersebut.
Apakah kalau kita sakit, kita menggunakan dan darurat?
Tidak, dana darurat dipakai untuk keadaan darurat, seperti yang kita bahas diata, kita harus mepersiapkan dana darurat dan juga dana asuransi, bukan untuk menolong diri sendiri, seandainya kita tidak memiliki dana asuransi, kita akan membebankan keluarga, apalagi kalau kita sebagai tulang punggung keluarga.

Kurang lebih hanya itu yang bisa kita bahas untuk dana darurat.

27 komentar untuk "Mempersiapkan Dana Darurat"

  1. Keren nih bisa jadi pembelajaran buat ngatur keuangan juga. Biar ngga boros

    BalasHapus
  2. Wah penting Bnget sih emang. Apalagi kondisi sekarang sering tidak menentu ya.

    BalasHapus
  3. Dana darurat atau dana cadangan lebih cepat harus dikumpulkan saat kita masih sebagai karyawan karena sebagai karyawan, kita rutin digaji harian, mingguan atau bulanan.

    Seperti yang admin bilang, hidup ini penuh dengan ketidakpastian. Maka, kita harus menabung dan hemat. Uang tersebut untuk proteksi diri kita dan keluarga yang kita tanggung.

    Ya minimal, dengan dana cadangan, kita tidak merepotkan orang lain.

    BalasHapus
  4. Wah sangat membantu nih

    BalasHapus
  5. Mantap informasinya.terima kasih

    BalasHapus
  6. Menurutku sangat penting saving untuk dana darurat. Karena kita nggak pernah tahu apa yang terjadi di masa depan.

    BalasHapus
  7. Semenjak corona ini, saya jadi gak ada pemasukan.

    BalasHapus
  8. Memang penting sekali punya dana cadangan, setuju!

    BalasHapus
  9. Betul nih...harus ada dana darurat jadi klo ada apa apa...ndak susah cari dana nya

    BalasHapus
  10. hidup emang harus mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk menghadapi kejadian-kejadian tak terduka

    BalasHapus
  11. Makasih atas infonya kadang sampe lupa dana darurat itu penting apalagi udah berkeluarga

    BalasHapus
  12. Keren infonya mantap bgt kunjungi juga https://blog.rajait.id

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Sangat bermanfaat.. Jangan lupa kunjungi juga https://wajibklikk.blogspot.com

    BalasHapus
  15. saran yang bermanfaat
    visit balik gan https://maimelajah.com

    BalasHapus
  16. ini nih yang belum saya lakukan. Mempersiapkan Dana Darurat jika saya baca dari artikel ini memang seharusnya kita semua memilikinya. (Soalbahasainggris.com)

    BalasHapus
  17. Hemat pangkal kaya. Rajin-rajin lah menabug demi masa depan

    BalasHapus
  18. Biasaya saya yang masih muda gini suka bingung atur anggaran

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  20. sungguh dana darurat itu penting dan jangan sampai tidak ada

    BalasHapus
  21. Ini yg coba saya lakukan setiap hari, bekerja dan berkarya. Sangat mudah untuk menghabiskan uang, sedangkan untuk mencari nya tidak gampang. Justru itu perlunya dana darurat ... apapun caranya. Yg penting tujuan tercapai ... Sip deh.
    Mampirlah juga ke blog saya MindaFilm.com Terima kasih ...

    BalasHapus