Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Kesalahan Fatal Dalam Trading

    Kali ini saya ingin membicarakan 6 kesalahan yang bisa dikatakan fatal dalam ber-trading, karena apabila anda melakukan kesalahan-kesalahan berikut, bisa dipastikan anda gagal sebagai trader. Nah, mari kita simak apa saja 6 kesalahan fatal tersebut:

    #Tidak memiliki trading system

    Apabila tidak memiliki trading system, berarti Kita cenderung trading berdasarkan pendekatan yang boleh dikatakan berantakan. Sebaliknya, memiliki trading system berarti Kita memiliki pedoman dan tujuan serta cara pencapaian tujuan yang jelas dalam ber Trading. Memiliki trading system meningkatkan kemungkinan untuk sukses, karena Kita mempunyai pedoman untuk masuk, keluar market ataupun tidak trade. 

    #Tidak disiplin


    Kalaupun Kita menyatakan memiliki trading system, tapi kalau Kita sendiri tidak disiplin dalam mengikuti system yang anda tetapkan tersebut, berarti Kita melakukan kesalahan fatal yang ke-2. Banyak Trader yang menyatakan memiliki trading system, tapi dalam prakteknya sering trading tanpa menghiraukan system yang sudah ditentukannya sendiri. 

    #Tidak belajar


    Mengaku trader tapi tidak pernah mencoba untuk selalu meng update kemampuan teknis, tidak pernah mengikuti perkembangan berita Trading, tidak pernah membaca buku tentang Trading, atau tidak mengikuti seminar Trading dan tidak bergabung dalam komunitas Trader. Memang banyak cara untuk selalu belajar, tidak harus selalu mengikuti seminar, tidak harus juga aktif dalam forum, tapi setidaknya Kita harusnya selalu berusaha meningkatkan kemampuan dalam bertrading. 

    #Tidak memperdulikan money management


    Money management bertujuan agar Kita bisa mengendalikan resiko dan kerugian sehingga tidak mengalami kesalahan fatal Kalau Kita tidak memperdulikan money management, itu berarti Kita merelakan deposit untuk amblas tanpa tujuan yang jelas.

    #Tidak memperdulikan aspek psikoligi dalam trading


    Seorang trader yang mampu mengendalikan emosi dalam ber trading akan bisa memahami bahwa tidak semua posisi harus menghasilkan profit untuk mendapatkan pertumbuhan modal yang positif. Loss sesekali tidak menjadikan mereka pecundang dan kemudian melakukan balas dendam. Trading dengan niatan balas dendam karena loss yang baru saja Kita alami, dijamin dendam tersebut akan membuat account Kita makin berdarah-darah.

    #Terlalu berani menanggung resiko berlebihan


    Apakah Kita mau menanggung resiko loss 100 pips untuk hanya mengambil profit 10 pips? Atau malahan, Kita sering bertrading tanpa stop loss? Ingatlah bahwa kita di sini bertindak sebagai Trader, bukan Gambler. Jangan mengambil resiko yang tidak sepadan dengan reward yang bakal kita peroleh. 

    Itulah kesalahan-kesalahan yang bisa dikatakan menjadi penyebab utama kegagalan kita dalam di dunia trading. Semoga Trader di group ini tidak seperti daftar yang diatas.

    Posting Komentar untuk "6 Kesalahan Fatal Dalam Trading"