Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merubah File CSV Ke Format Excel Menjadi Tampilan Kolom

    Cara Merubah File CSV Ke Format Excel Menjadi Tampilan Kolom

    Bagaimana cara merubah file CSV ke Format Excel menjadi tampilan kolom? Format data teks file simpel dalam  data yang setiap record penampilannya seperti tidak teratur atau amburadul dan terpisahkan dengan tanda koma(,) atau tanda titik koma (;). Format CSV sangat baik untuk menempatkan data di antara program yang tidak bisa membaca format aslinya.

    Sering kita di dunia kerja menemui file CSV ini, yang umumnya hasil generate atau penyimpanan data aplikasi komputer tertentu. Bahkan pada aplikasi eFiling Lapor Pajak memakai file CSV dari software e-SPT atau dari OnlinePajak. File format CSV itu dapat dibuka dan di-edit lewat beberapa teks editor seperti Microsoft Excel dan Notepad.

    Apa itu Format CSV?

    Sebelum kita masuk ke pembahasan judul artikel ini, mari kita kenalan dulu dengan apa yang dimaksud format CSV.

    Format CSV merupakan format data dalam suatu basis data yang setiap datanya akan dipisahkan dengan memakai pertanda baca koma (,) atau titik koma (;).

    Selainnya sangat simpel, file excel yang disimpan dalam format CSV juga bisa dibuka dengan beragam jenis teks editor seperti, Wordpad, notepad dan lain-lain-nya.

    Cara Membuat File Excel jadi CSV

    Mengubah file excel jadi format CSV bukan suatu hal yang susah. Format ini sudah ada di type penyimpanan Excel mulai dari versi 2007 hingga versi yang terbaru saat ini.
    Mengenai caranya adalah seperti berikut:
    1. Buka Microsoft Excel
    2. Masukkan data
    3. Kemudian Save
    4. Pada Save As Type pilih CSV (Comma Dellimite)

    Cara Mengubah File CSV ke Excel

    Kalau kamu mempunyai file penting dengan format CSV, di bawah ini merupakan panduan merubah file CSV menjadi Excel supaya penampilan lebih rapi dan gampang dibaca. 
    Terdapat 2 cara untuk mengubah CSV ke Excel, berikut caranya :

    Mengubah csv ke excel melalui MS. Excel

    1. Buka file csv yang akan di ubah menggunakan aplikasi Ms. Excel, kamu bisa menggunakan versi 2010 atau versi terbaru juga tidak apa-apa. Caranya sama untuk semua versi excel.
    2. Setelah terbuka file tersebut, tampilannya pasti akan seperti gambar dibawah ini. File tidak terbaca atau tidak sesuai kolomnya.

      merubah csv ke excel

    3. Setelah terbuka, klik kolom A, lalu Klik Menu Tab Data, kemudian klik Text to Column.

      Cara Merubah File CSV Ke Format Excel Menjadi Tampilan Kolom

    4. Akan Muncul jendela seperti dibawah ini. pilih Delimited lalu Next, kamu bisa pilih sesuai pemisah yang terdapat di file CSV tersebut atau kamu juga pilih 3 type yang sering digunakan yaitu Tab, Semicolon dan Coma.

      Cara Merubah File CSV Ke Format Excel Menjadi Tampilan Kolom

    5. Next dan selesai, tampilan CSV kamu sudah rapih, seperti gambar berikut ini.

      Cara Merubah File CSV Ke Format Excel Menjadi Tampilan Kolom

    Mengubah csv ke excel melalui regional setting.

    Kamu bisa ubah secara global untuk settingan Delimited sparator. Dengan cara ini kamu tidak perlu lagi mengubah csv ke excel setiap kali kamu membuka file csv melalui ms. excel, untuk caranya sebagai berikut :
    1. Buka control panel
    2. Setelah terbuka jendela control panel, pilih Clock, Language, and Region

      Cara Merubah File CSV Ke Format Excel Menjadi Tampilan Kolom

    3. Klik Region, Ubah format ke 'English United States

      Cara Merubah File CSV Ke Format Excel Menjadi Tampilan Kolom

    4. Klik Ok, kamu bisa buka file csv kamu sekarang.

    Demikian Cara Merubah File CSV Ke Format Excel Menjadi Tampilan Kolom. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

    Keyword Search: csv to excel, csv adalah, convert csv to excel, comma separator, csv file, file csv, file csv adalah, convert csv to xls, coma separator, cara buka file csv, convert csv to xlsx, csv ke excel, convert csv to excel online, mengubah csv ke excel, apa itu file csv, csv to excel converter, .csv, excel ke csv, format csv, cara mengubah file csv ke excel, cara membuka file csv, cara merubah csv ke excel, merubah csv ke excel, convert csv, csv to xls, membuka file csv, how to convert csv to excel, file csv berantakan, ubah csv ke excel, apa itu format csv, csv format, cara membuka file csv pajak di excel 2010, csv online, contoh file csv, download file csv, cara membuka file csv pajak, cara membuka file csv di excel, convert csv ke excel, konversi excel ke csv online, converter csv to excel, cara merapikan excel yang berantakan, cara convert csv to excel, cara convert csv ke excel, cara merapikan data di excel, pengertian file csv, excel csv, what is csv file, open file csv, cara merapikan file csv, cara membuka csv di excel

    Posting Komentar untuk "Cara Merubah File CSV Ke Format Excel Menjadi Tampilan Kolom"