Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Gagal Upload Dokumen di Website

    Mengatasi Gagal Upload Dokumen SSCASN

    Globalopini.com - Kamu mengalami gagal upload dokumen saat melakukan pendaftaran cpns/asn? Atau mungkin banyak dari teman-teman yang masih kesulitan dalam mengupload dokument saat pendaftaran casn/cpns, kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi gagal upload dokumen sscasn pppk guru 2021.

    Sebelum mengikuti penyeleksian penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), PPPK Guru dan PPPK Non Guru Tahun 2021, setiap calon sebelumnya wajib melakukan registrasi yang meliputi pelengkapan sejumlah berkas yang diperlukan.

    Ada beberapa syarat berkas yang perlu dipenuhi dan harus diuploadPegawai oleh calon peserta ke situs sscasn.bkn.go.id sebagai website portal resmi pendaftaran.

    Terus bagaimanakah kalau ada masalah saat mengunggah dokumen yang dibutuhkan, berikut penjelasan selengkapnya.

    Sebelum mengetahui bagaimana menyelesaikan permasalahan dokumen yang tidak dapat diupload atau diunggah ke situs sscasn.bkn.go.id.

    Kalau tidak bisa, kamu harus tahu lebih dulu dokumen-dokumen apa saja yang diperlukan sebagai syarat untuk ikuti seleksi PPPK Guru, CPNS atau PPPK Non Guru.
    Ada banyak dokumen yang perlu kamu lengkapi terlebih dahulu, yaitu:
    1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    2. Foto
    3. Ijazah
    4. Transkip Nilai
    5. Sertifikat (Jika Ada)
    6. TOEFL (Beberapa Instansi memerlukan dokumen TOEFL)
    Terkait dengan kriteria persyaratan mengenai dokumen lain-lain yang disyaratkan, banyak yang masih kurang teliti dan terkesan menyepelekan persyaratan ini.

    Jika instansi yang berkaitan menyertakan dokumen lain-lain dalam persyaratannya, maka pastikan kamu telah mengupload dokumen tersebut lebih dulu saat sebelum mencetak kartu pendaftaran CASN.

    Jangan sampai mencetak kartu pendaftaran terlebih dahulu saat sebelum dokumen yang disyaratkan kamu upload supaya kamu dapat lolos seleksi administrasi.

    Tapi, ada banyak yang mengeluhkan tidak dapat mengupload dokumen yang disyaratkan ke situs sscasn.bkn.go.id. Oleh karena itu simak cara menyelesaikan kendala saat unggah dokumen di bawah ini.

    Cara Mengatasi Gagal Upload Dokumen

    Salah satunya karena dokumen kamu gagal diupload yaitu karena ukuran dokumen kamu tidak sesuai ukuran yang dipersyaratkan. Ukuran dokumen yang dipersyaratkan itu ialah:
    1. Ukuran KTP dengan format jpg, Minimal memiliki ukuran 150 kB dan maksimal 500 kB.
    2. Pass foto, ukuran 300kB dengan format .jpg atau .jpeg dan minimal memiliki ukuran 150.

      Buat kamu yang memiliki format foto selain .jpg atau .jpeg kamu bisa convert foto kamu dengan cara meng-convert secara online. Melalui website https://png2jpg.com/id/ 

      ubah format foto

      Dari gambar diatas, kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. upload file yang ingin kamu ubah formatnya, setelah selesai prosesnya kamu bisa download hasilnya.

    3. Ijazah memiliki ukuran 1000kB atau 1 MB dengan format.pdf, minimal 500 kB.
    4. Transkip Nilai dengan format.pdf, untuk ukuran file minimal 500 kB dan maksimal 1000kB atau 1 MB.
    5. Sertifikat dengan format.pdf, minimal 500 kB dan memiliki batas maksimal 1000kB atau 1 MB.
    6. Toefl dengan format.pdf minimal 500 kB dan maksimal 1000kB atau 1 MB .
    Setelah memastikan ukuran yang telah ditentukan seperti daftar di atas, kalau dokumen kamu lebih besar dari yang dipersyaratkan sudah dipastikan akan gagal upload, Maka pastikan ukuran dokumen sesuai dengan yang dipersyaratkan agar tidak mengalami gagal upload.

    Kalau ukurannya masih lebih besar dari batas maksimal, kamu dapat mengecilkan ukuran tanpa mengubah kualitas dokumen, sebelum kamu upload ke website sscasn.bkn.go.id pastikan dokumen yang kamu unggah terlihat jelas.

    Untuk kamu yang bingun bagaimana caranya memperkecil ukuran Foto JPG/JPEG, silakan ikuti langkah berikut :
    1. Buka website https://compressjpeg.com/id/

      kompress file PDF, jpg, png

    2. Setelah terbuka, kamu upload/unggah foto yang ingin kamu kecilkan ukurannya.
    3. Setelah berhasil kamu upload/unggah kamu bisa download hasil proses pengecilan ukuran foto tersebut.
    4. Selesai
    Dan untuk memperkecil ukuran file PDF kamu bisa menggunakan langkah seperti mengecilkan ukuran file foto diatas, sebelum kamu compress file-nya, pastikan kamu pilih menu compress PDF bukan comprees jpg atau bisa juga kamu menggunakan langkah berikut ini :
    1. Buka website https://smallpdf.com/id/mengompres-pdf

      kompress file PDF

    2. Setelah terbuka, kamu upload file PDF yang ingin kamu kecilkan ukurannya.
    3. Setelah selesai, kamu bisa download file tersebut.
    Pada dasarnya hampir sama langkahnya, namun hanya berbeda website saja.

    Setelah melakukan pengecekan ukuran file dan persyaratan yang diperlukan, kamu dapat menggugah/upload dokumen tersebut, setelah berhasil mengupload/mengunggah kamu dapat melihat hasil dikumen yang kamu unggah tersebut dengan cara klik tombol lihat sebelah tombol unggah.

    Demikian artikel kali ini berkaitan Cara Mengatasi Gagal Upload Dokumen SSCASN PPPK GURU 2021. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

    Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Gagal Upload Dokumen di Website"