Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengatur Keuangan Keluarga dengan Gaji 5 juta

    Mempunyai pendapatan 5 juta rupiah dalam sebulan tanpa mempunyai tanggungan merupakan gaji yang terbilang cukup untuk seseorang yang tinggal sendiri. Tetapi, bagaimana jika sudah memiliki keluarga dan mempunyai anak?

    cara mengatur gaji 5 juta

    Memiliki keluarga dengan upah yang terbilang cukup merupakan gampang-gampang susah. Dibutuhkan komunikasi yang jelas dan disiplin dalam keluarga. Meskipun demikian, tidak berarti seorang dengan gaji 5 juta Rupiah benar-benar tidak dapat memenuhi tujuan di masa depan dan tak berarti harus hidup dengan hutang.

    Memenuhi kebutuhan setiap hari dan tujuan keuangan di masa akan datang dapat tercapai kalau dikelola dengan tepat. Simak beberapa cara mengelola keuangan keluarga dengan gaji 5 juta rupiah berikut di bawah ini:

    Cara Mengelola Gaji 5 Juta Rupiah

    Tidak boleh Menambahkan Hutang Konsumtif

    Hutang konsumtif hanya akan memperbanyak pengeluaran pasif kamu dan mengurangi jumlah kekayaan bersih. Tidak ada salahnya untuk berutang, asal hutang yang kamu punya merupakan hutang produktif.

    Sebagian contoh hutang produktif adalah, hutang pembelian asset yang tidak mengalami depresiasi harga seperti rumah atau logam mulia, atau hutang untuk modal usaha. Pastikan kalau angsuran hutang yang perlu dibayar setiap bulan, tidak melewati 35% dari pendapatan kamu.

    Tabungan atau Investasi Minimum 10% Dari Penghasilan

    Nilai rasio menabung yang bagus dalam perencanaan keuangan yaitu 10% dari total penghasilan bulanan. Kalau penghasilan kamu 5 juta Rupiah, maka usahakan supaya besaran tabunganmu sekurang-kurangnya 500 ribu Rupiah. Lebih dari 500 ribu pasti akan baik. Meskipun begitu, kamu harus memastikan supaya penempatan dana sebesar 500 ribu Rupiah yang kamu tabung atau investasikan ada di tempat yang tepat.

    Terapkan Metode Zero Budgeting untuk Mengelola Pengeluaran Tahunan dan Bulanan

    Tidak dipungkiri kalau besarnya pengeluaran akan menentukan segalanya, dimulai dari standard hidup saat ini, estimasi hidup di kala tua, sampai besarnya uang pertanggungan asuransi yang kamu dan keluarga perlukan.

    Catatlah pengeluaran kamu sedetil mungkin. Pakailah metode zero budgeting. Pokoknya, saat kamu terima gaji bulanan, harus langsung menghabiskannya.

    Pertama, jumlahkan pengeluaran rutin tiap bulan. Pengeluaran terdiri jadi dua yakni pengeluaran tetap dan tidak tetap. Sesudah semua dijumlahkan, hitung nilai arus kas bersih dari perbedaan total penghasilan dan pengeluaran.

    Kalau ada sisanya, segera habiskan saat itu juga dengan mendistribusikannya ke tabungan atau investasi, tidak ke kesenangan atau hal yang bersifat konsumtif. Melalui sistem pengaturan cash flow ini memungkinkan kalau kamu dapat melakukan investasi dan terjamin dengan asuransi walau mempunyai gaji 5 juta Rupiah.

    Tambah Penghasilan Bulanan

    Kalau kamu merasa susah mengerem pengeluaran maka sebaiknya kamu menambah penghasilan. Ada dua cara menambah pendapatan bulanan yang perlu kamu kenali.

    Pertama pastinya dengan pasif yaitu melakukan investasi di instrument yang sesuai profile resiko dan kemampuan. Tetapi kalau tidak dapat, pakai langkah kedua, dengan cara mencari pekerjaan sambilan atau membuka usaha yang perputaran uangnya cepat.

    Itulah 4 cara mengelola keuangan keluarga dengan gaji 5 juta Rupiah. selamat mencoba ya!

    Keyword search : cara mengatur gaji 1 5 juta, cara mengatur gaji 5 juta, cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 5 juta, cara mengatur gaji 2 5 juta, cara mengatur keuangan dengan gaji 1 5 juta per bulan, cara mengatur keuangan dengan gaji 5 juta, cara mengatur gaji 5 juta per bulan, cara mengatur keuangan gaji 5 juta

    Posting Komentar untuk "4 Cara Mengatur Keuangan Keluarga dengan Gaji 5 juta"