Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Reksadana, Investasi Untuk Pemula

    Investasi menjadi satu diantara kegiatan yang menggiurkan sebagai salah satu pilihan untuk memperkuat keadaan keuangan kamu. Apa lagi buat kamu yang masih di usia muda, produktif, dan aktif. Oleh sebab itu, telah seharusnya, investasi perlu dimulai sejak dari dini. Saat ini, banyak produk investasi yang dapat dicapai oleh siapapun yang ingin mulai berinvestasi, seperti saham, obligasi, deposito, emas atau logam mulia, property, asuransi, dan reksadana. Bicara mengenai reksadana, produk investasi ini merupakan satu diantara produk yang sangat populer, gampang dipahami, dan cocok untuk investor pemula. Berangkat dari keuntungan yang ditawarkan, mari pahami pengertian investasi reksadana lebih lanjut.

    mirae reksadana, reksadana atau emas, reksadana rdpu, reksadana english, reksadana adon, reksadana bni am, penjualan reksadana, reksadana nab, reksadana tetap, reksadana welma, panin reksadana, reksadana bahana, reksadana saham luar negeri, saham atau reksadana saham, sucor reksadana, sucorinvest reksadana, saham atau reksadana, reksadana idx, reksadana usd, investasi reksadana atau saham, saham rdpu, reksadana dbs, sam reksadana, ojk reksadana syariah, dbs reksadana, reksadana saham atau saham, reksadana terbaik 2020, reksadana sucorinvest, reksadana sucor, digibank reksadana, reksadana unilever, reksadana mirae, reksadana saham syariah terbaik, reksadana saham index, reksadana atau saham, reksadana saham 2021, reksadana index, reksadana saham terbaik, reksadana pasar uang bri, saham obligasi pasar uang, reksadana di bank, reksadana bni am idx30, reksadana saham bca, dana saham, investasi di bibit atau ajaib, reksadana dollar terbaik, permata reksadana, reksadana syariah terbaik 2020, dana tabungan bibit, reksadana usd terbaik, reksadana konvensional, cara bermain saham bibit, cara membeli reksadana di bareksa, bibit diawasi ojk, saham pendapatan tetap, sinarmas reksadana, reksadana jangka panjang, reksadana syariah pendapatan tetap, reksadana jenius, obligasi terbaik di bibit, cara investasi reksadana di bca, reksadana syariah pasar uang, bibit terdaftar di ojk, reksadana idx30, reksadana blue chip, reksadana saham syariah terbaik 2021, bibit sudah terdaftar di ojk, mandiri reksadana syariah, ocbc reksadana, investasi pendapatan tetap, reksadana panin, bri reksadana sekuritas, cara main saham bibit, reksadana terproteksi bca, reksadana prudential, reksadana terbaik, reksadana mandiri syariah, reksadana pasar uang syariah terbaik 2020, promo bibit reksadana, minimal pembelian reksadana, reksadana syariah mandiri, portal reksadana, pasar uang terbaik, cara membeli saham bca di bibit, reksa dana syariah mandiri, investasi rdpu, bibit obligasi, reksadana saham bibit terbaik, pendapatan reksadana, bibit terdaftar ojk, pencairan reksadana bibit, menabung di bibit, main saham di bibit, reksadana bni idx30 hari ini, bibit saham, bibit atau bareksa, reksadana 2021, obligasi bibit terbaik, reksadana saham terbaik di bibit 2021, bri reksadana

    Apa Itu Investasi Reksadana?

    Reksadana bisa didefinisikan sebagai sebuah tempat yang bisa dipakai untuk mengumpulkan dana dari investor untuk selanjutnya diinvestasikan oleh Manajer Investasi dalam portofolio Efek. Dalam prakteknya, Manajer Investasi bekerja didukung oleh tenaga professional yang ahli dalam mengelola investasi.

    Kebanyakan tenaga professional tersebut terbagi dalam Komite Investasi dan Tim Pengelola Investasi. Simplenya, kita tidak perlu modal besar sampai puluhan juta rupiah untuk melakukan investasi reksadana. Kita hanya butuh menempatkan beberapa uang untuk membeli reksadana dan memilih reksadana yang diharapkan.

    Setelah itu, Manajer Investasi yang bakal mengatur investasi kita, sampai mendapatkan keuntungan. Kita memang semestinya mencoba langsung setelah memahami apa itu reksadana, setelah itu pengalaman investasi reksadana akan kita peroleh secara perlahan sampai betul-betul mengerti. Untuk menunjang pengetahuan terkait investasi reksadana, berikut beberapa macam investasi reksadana yang harus kita kenali.

    Jenis Investasi Reksadana

    Ada banyak jenis investasi reksadana, bahkan juga setiap bank menyediakan layanan investasi reksadana. Tetapi sebelum mengenal secara detail terkait bagaimana cara investasi reksadana, berikut ini jenis investasi reksadana yang harus kita ketahui:

    Reksadana Pasar Uang (Money Market Fund)

    Jenis reksadana yang pertama yaitu reksadana pasar uang, atau yang biasa kita kenal dengan istilah dalam bahasa Inggris yaitu Money Market Fund. Reksadana pasar uang merupakan investasi yang sudah dilakukan menggunakan instrumen investasi pasar uang. Biasanya, jenis reksadana ini memerlukan jangka waktu kurang dari 1 tahun.

    Instrumen yang ditawarkan dalam reksadana pasar uang berbentuk deposito berjangka, sertifikat deposito, Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan Surat Berharga Pasar Uang (SBPU). Reksadana pasar uang sebagai jenis reksadana yang mempunyai profil resiko yang rendah dibandingkan jenis reksadana lainnya.

    Sebagai pemula, tentu saja kita mengharapkan resiko yang lebih kecil. Oleh karena itu, investasi reksadana pasar uang merupakan jenis yang dapat kita pakai sebagai investasi reksana pemula.

    Reksadana Pendapatan Tetap (Fixed Income Fund)

    Jenis reksadana kedua yaitu reksadana pendapatan tetap atau fixed income fund. Resiko reksadana ini lebih tinggi dibandingkan dengan reksadana pasar uang, hal tersebut karena jenis reksadana ini benar-benar populer dan dipandang menarik di mata para investor.

    Secara simpel, reksadana pendapatan tetap merupakan investasi reksadana yang menginvestasikan aktivanya dalam bentuk efek hutang atau obligasi dengan rasio minimum 80 persen. Jenis reksadana ini mempunyai tujuan utama untuk menghasilkan tingkat return yang stabil. Oleh sebab itu, reksadana jenis ini dipandang mempunyai resiko tinggi dan bagus sekali untuk para investor.

    Reksadana Campuran (Balance Kualitasal Fund)

    Reksadana campuran atau Balance mutual fund sebagai jenis reksadana selanjutnya. Berdasar namanya, jenis reksadana ini sebagai gabungan dari reksadana pasar uang dan reksadana pendapatan tetap. Suatu investasi reksadana dengan mengalokasikan dana investor ke dalam suatu kombinasi instrumen investasi obligasi dan saham pada portofolio investasinya.

    Keuntungan dari jenis reksadana satu ini yaitu tingkat pengembalian modal dengan persentase tinggi. Disamping itu, jenis reksadana ini juga memiliki resiko yang tinggi, sesuai dengan persentase pengembalian modalnya.

    Reksadana Saham (Equity Fund)

    Jenis reksadana selanjutnya yaitu equity fund atau saham. Reksadana saham adalah aktivitas dalam menginvestasikan dana minimal 80% ke investasi saham. Antara jenis reksadana yang lain, reksadana saham sebagai jenis reksadana yang memiliki tingkat resiko paling tinggi.

    Karena, jenis reksadana Saham mempunyai tujuan untuk mengontrol pertumbuhan harga saham dalam jangka panjang, dan menghasilkan tingkat pengembalian yang paling tinggi.

    Reksadana Syariah

    Jenis reksadana selanjutnya yaitu reksadana syariah, sederhananya reksadana syariah sebagai wadah untuk mengumpulkan dana investor yang diatur oleh Manajer Investasi dalam portofolio efek. Bedanya, reksadana syariah memakai instrumen pasar uang yang sesuai ketentuan dan konsep syariah Islam, yang disesuaikan dengan penempatan dana pada prinsip keuangan syariah, seperti saham sukuk dan syariah.

    Untuk beberapa investor yang memegang teguh konsep Islam, khususnya dalam faktor ekonomi dan investasi, cara investasi reksadana syariah untuk pemula sebagai pilihan yang diambil. Selainnya mengutamakan kenyamanan dalam keimanan, cara-cara syariah dipandang bisa menghasilkan keberkahan di samping mendatangkan keuntungan.

    Reksa Dana Terstruktur

    Selain jenis reksadana yang sudah dijelaskan di atas, ada jenis reksadana yang lain, yaitu reksadana terstruktur. Ada tiga jenis reksadana terstruktur. Mari simak penjelasannya di bawah ini:

    Reksadana Terproteksi (Capital Protected Fund)

    Jenis reksadana tersruktur pertama yaitu reksadana terproteksi, atau capital protected fund. Jenis reksadana ini mempunyai sifat mirip dengan deposito, yakni mempunyai periode jatuh tempo dengan membagikan keuntungan secara berkala. Dan biasanya mempunyai nilai dasar investasi yang tetap utuh, bahkan juga di saat reksadana jatuh tempo sekalipun.

    Reksa Dana Dengan Penjaminan

    Reksadana dengan penjaminan merupakan jenis reksa dana yang memberikan jaminan nilai investasi awal untuk investor. Garansi atau jaminan yang diberikan dilakukan dengan cara persetujuan penjaminan dari perusahaan asuransi. Tetapi, belum ada Manajer Investasi yang mengeluarkan produk reksadana dengan jenis reksadana penjaminan.

    Reksadana Indeks

    Reksadana indeks merupakan reksadana dengan portofolio investasi yang berpedoman pada indeks tersebut. Indeks tersebut dipakai sebagai referensi kerja reksadana. Manajer investasi bisa menggunakan indeks saham atau indeks obligasi dalam pengaturan reksadana.

    Sebagai contoh, misalkan manajer investasi memutuskan untuk membeli indeks LQ 45 yang berisi 45 saham-saham likuid di bursa efek indonesia, maka isi reksadana indeks tersebut yaitu saham-saham pada LQ 45.

    Keuntungan Investasi Reksadana

    Sebagaimana dengan jenis investasi yang lain, reksadana menawarkan keuntungan yang bersaing untuk menguatkan keadaan keuangan kamu. Memahami pengertian reksadana secara mendasar dapat menjadi satu diantara bekal kamu dalam melakukan investasi di usia muda. Berikut pemahaman reksadana berkaitan keuntungan yang diberikan.

    Mudah dipelajari

    Seperti yang dijelaskan sebelumnya, memahami reksadana bukan hal yang susah. kamu perlu mendatangi penyelenggara manajemen investasi seperti bank untuk memulai membeli produk reksadana. Bersama manajer investasi, kamu akan memperoleh informasi lebih detil berkaitan penjelasan reksadana dan beberapa produk yang akan kamu investasikan. Sesudah berhasil membeli, kamu akan memperoleh laporan terkait perkembangan investasi reksadana setiap bulannya yang telah dilakukan oleh manajer investasi.

    Penawaran yang beragam

    Ketika kamu mulai untuk mendalami pengertian reksadana, kamu akan diberikan pemahaman mengenai beberapa produk reksadana yang ada. Penawaran reksadana ini pada umumnya terdiri menjadi dua, ada reksadana reksadana syariah dan konvensional. Sebagai investor, kamu akan diberi kebebasan untuk memilih jenis produk reksadana mana yang sesuai. Kamu akan memperoleh informasi berkaitan lembaga apa saja yang menyediakan produk reksadana yang dapat kamu membeli untuk investasi.

    Modal awal relatif terjangkau dan resiko relatif rendah

    Berlainan dengan saham yang mewajibkan kamu membeli dalam satuan lot dengan akumulasi dana yang cukup besar. Dengan memahami pengertian reksadana dalam faktor transaksi, kamu dapat membeli reksadana sesuai dengan dana yang sudah kamu siapkan. Persentase keuntungan yang kamu dapatkan akan secara adil diberikan sesuai dengan modal investasi yang kamu miliki. Dengan menginvestasikan uang sesuai kebutuhan dan kondisi kamu, resiko yang kamu peroleh di investasi reksadana ini cenderung kecil.

    Dikelola secara profesional dan terbuka

    Sebagai pengelola investasi, manajer investasi semestinya mempunyai pengetahuan dan pengalaman yang tinggi, dan profesionalitas yang baik. Saat sebelum menjadi manajer investasi, para manajer investasi tersebut diwajibkan untuk mendapatkan sertifikat agar sanggup menjaga kredibilitas dan memahami reksadana secara keseluruhan untuk membantu jalannya investasi para nasabah. Manajer investasi akan selalu memberikan laporan perkembangan investasi secara terbuka, sehingga kamu juga dapat merasa nyaman dan aman untuk selalu berinvestasi dan memahami pengertian reksadana lebih jauh.

    Akses investasi Secara online

    Di zaman yang serba digital ini, akan menjengkelkan kalau transaksi keuangan tidak dimaksimalkan secara online. Untuk memberikan kemudahan terhadap transaksi investasi dan informasi berkaitan reksadana yang dimilki bisa dilakukan secara online. kamu dapat mengaksesnya lewat aplikasi mobile banking dan internet banking, di mana saja dan kapan saja.

    Keyword Search : mirae reksadana, reksadana atau emas, reksadana rdpu, reksadana english, reksadana adon, reksadana bni am, penjualan reksadana, reksadana nab, reksadana tetap, reksadana welma, panin reksadana, reksadana bahana, reksadana saham luar negeri, saham atau reksadana saham, sucor reksadana, sucorinvest reksadana, saham atau reksadana, reksadana idx, reksadana usd, investasi reksadana atau saham, saham rdpu, reksadana dbs, sam reksadana, ojk reksadana syariah, dbs reksadana, reksadana saham atau saham, reksadana terbaik 2020, reksadana sucorinvest, reksadana sucor, digibank reksadana, reksadana unilever, reksadana mirae, reksadana saham syariah terbaik, reksadana saham index, reksadana atau saham, reksadana saham 2021, reksadana index, reksadana saham terbaik, reksadana pasar uang bri, saham obligasi pasar uang, reksadana di bank, reksadana bni am idx30, reksadana saham bca, dana saham, investasi di bibit atau ajaib, reksadana dollar terbaik, permata reksadana, reksadana syariah terbaik 2020, dana tabungan bibit, reksadana usd terbaik, reksadana konvensional, cara bermain saham bibit, cara membeli reksadana di bareksa, bibit diawasi ojk, saham pendapatan tetap, sinarmas reksadana, reksadana jangka panjang, reksadana syariah pendapatan tetap, reksadana jenius, obligasi terbaik di bibit, cara investasi reksadana di bca, reksadana syariah pasar uang, bibit terdaftar di ojk, reksadana idx30, reksadana blue chip, reksadana saham syariah terbaik 2021, bibit sudah terdaftar di ojk, mandiri reksadana syariah, ocbc reksadana, investasi pendapatan tetap, reksadana panin, bri reksadana sekuritas, cara main saham bibit, reksadana terproteksi bca, reksadana prudential, reksadana terbaik, reksadana mandiri syariah, reksadana pasar uang syariah terbaik 2020, promo bibit reksadana, minimal pembelian reksadana, reksadana syariah mandiri, portal reksadana, pasar uang terbaik, cara membeli saham bca di bibit, reksa dana syariah mandiri, investasi rdpu, bibit obligasi, reksadana saham bibit terbaik, pendapatan reksadana, bibit terdaftar ojk, pencairan reksadana bibit, menabung di bibit, main saham di bibit, reksadana bni idx30 hari ini, bibit saham, bibit atau bareksa, reksadana 2021, obligasi bibit terbaik, reksadana saham terbaik di bibit 2021, bri reksadana

    Posting Komentar untuk " Pengertian Reksadana, Investasi Untuk Pemula"