Aset Apa yang Bisa Bikin Cuan?

Aset adalah sumber ekonomi atau nilai suatu kekayaan yang diharapkan dapat memberikan manfaat dikemudian hari. simplenya, sesuatu yang bisa menghasilkan uang buat kita disamping kerjaan utama.

Aset memiliki sifat dapat menjadi sumber daya untuk dimanfaatkan di masa depan, memiliki nilai ekonomi karena bisa diperjual-belikan, dan memiliki status kepemilikan.

Aset banyak macamnya.

Dari yang mudah ditukar menjadi uang, bentuk fisik dan tidak tampak, sampai dari segi penggunaan operasional dan non-operasional.


Kas

Pada dasarnya kas diambil dari bahasa inggris ‘cash’ artinya uang tunai, kalau kita artikan kas merupakan bentuk dari kekayaan milik kita yang berbentuk uang tunai.

Contoh aset kas uang tunai, simpanan dalam bentuk giro, rekening tabungan, deposito dll.

Saham

Dimasa pandemi covid-19 ini banyak sekali milenial yang mencoba membeli saham, apakah kalian termasuk?

Saham surat yang menandakan kepemilikan kita di sebuah perusahaan, dengan modal Rp. 200.000 kita sudah bisa membeli perusahaan besar.

Kita akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual saham dengan harga beli saham dan kita juga akan mendapatkan dividen dari hasil keuntungan perusaahan yang kita beli.

Return Saham bisa positif dan bisa negatif, Jika positif kita akan mendapatkan keuntungan dan jika negatif kita akan mengalami kerugian.

Misalnya kita membeli saham AABB tahun lalu seharga Rp. 1,000 per lembar saham. Sekarang harganya menjadi Rp. 2,500 per lembar saham, berarti kita mendapatkan return dari saham AABB sebesar Rp. 1,500 atau 150%. Kalau harganya sekarang jadi Rp. 400 per lembar maka kita mengalami kerugian sebesar Rp. 600 atau -60% dari saham AABB.

Obligasi

Obligasi adalah surat hutang yang dikeluarkan oleh organisasi seperti perusahaan atau pemerintahan yang dapat dibeli oleh masyarakat atau organisasi lainnya.
Singkatnya,
Surat utang dalam jangka waktu tertentu, dimana peminjam besedia membayar bunga secara periode dan pokok pada akhir jatuh tempo kepada pemegang obligasi.
Obligasi Negara

Gambar diatas sebagai contoh obligasi yang di terbitkan oleh Pemerintah, bila kita membeli obligasi tersebut kita akan mendapatkan bunga berupa kupon sebesar 5.57% per tahun.

Properti

Mungkin kita semua sudah tau ya, harga properti setiap tahunnya mengalami kenaikan apalagi di kota-kota besar seperti jakarta.

Dari penjelasan diatas, menurut kalian aset mana yang paling mudah dan memungkinkan kita buat dapaet keuntungan berjangka dan konsisten?
Yuk kita diskusi bareng di komentar biar samasama nambah ilmu
Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.