Apakah Anda berencana untuk memulai blog baru? Tidak yakin apakah Anda harus menggunakan WordPress atau Blogger sebagai platform blog Anda? Ya, kami dapat membantu.

WordPress dan Blogger adalah dua platform blog paling populer di internet. Keduanya memungkinkan Anda membuat blog dengan mudah. Namun, cara kerjanya sangat berbeda, dan masing-masing memiliki pro dan kontra yang spesifik.
Pada artikel ini, kami akan membandingkan Blogger vs WordPress secara berdampingan dan menunjukkan kepada Anda perbedaan yang penting. Tujuan kami adalah membantu Anda memutuskan platform mana yang lebih baik untuk kebutuhan Anda.

Apa yang Harus Diperhatikan di Platform Blog Anda?
Sebelum kita memulai perbandingan WordPress vs. Blogger, mari kita bahas beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat memilih platform blog.
Kemudahan Penggunaan: 
Anda memerlukan platform yang sederhana dan mudah digunakan untuk menyiapkan blog Anda dengan cepat, menambahkan konten, dan mengembangkan audiens Anda.
  • Fleksibilitas : Anda memerlukan platform yang memungkinkan Anda menambahkan lebih banyak fitur atau menggunakan lebih banyak sumber daya seiring pertumbuhan blog Anda.
  • Opsi Monetisasi : Apakah Anda ingin menghasilkan uang secara online dengan blog Anda? Jika ya, maka Anda perlu memilih platform yang memiliki banyak opsi monetisasi.
  • Dukungan : Anda mungkin memerlukan dukungan saat membuat blog, mendesain, atau mengelolanya. Jika Anda mengalami kebuntuan atau memiliki pertanyaan, Anda pasti ingin mendapatkan bantuan secepat dan semudah mungkin.
Selain hal di atas, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya platform, opsi desain yang tersedia, fitur pengoptimalan SEO untuk lalu lintas, dan banyak lagi.

Penjelasan Masing-Masing Platform – WordPress vs Blogger  

Seperti yang kami sebutkan di atas, WordPress dan Blogger adalah dua platform manajemen blog yang paling banyak digunakan di dunia.
Menurut statistik yang kami bandingkan ‘WordPress’ dan ‘Blogger’ menggunakan Google Trends, popularitasn blogger terus meninggkat dan lebih populer sampai sekarang ini dibandingkan dengan WordPress.
Apa itu WordPress?


WordPress adalah perangkat lunak sumber terbuka gratis yang memungkinkan Anda membuat situs web, blog, atau toko online dengan mudah. Dimulai pada tahun 2003, WordPress sekarang memberdayakan lebih dari 38% dari semua situs web di internet.
Anda dapat mengunduh perangkat lunak WordPress secara gratis dan menggunakannya di sebanyak mungkin situs yang Anda inginkan.
Untuk membuat blog di WordPress, Anda perlu membeli paket hosting dan nama domain, sehingga Anda dapat menginstal WordPress. Kedengarannya agak rumit pada awalnya; Namun, ini cukup sederhana dengan banyak tutorial yang ramah pengguna di WPBeginner dan situs lain.
Tim kami bahkan dapat mengatur blog WordPress Anda secara gratis. Pelajari lebih lanjut tentang layanan penyiapan blog gratis kami.
Apa itu Blogger?


Blogger adalah layanan blog gratis dari Google. Dimulai pada 1999 oleh Pyra Labs, diakuisisi oleh Google pada 2003.
Blogger adalah layanan hosting blog gratis yang memungkinkan Anda membuat blog tanpa membayar apa pun. Anda juga mendapatkan subdomain Blogspot gratis.
Alamat blog Anda akan terlihat seperti ini: www.yourname.blogspot.com.
Namun, Anda juga dapat menggunakan nama domain kustom dengan blog Anda. Untuk itu, Anda perlu mendaftarkan nama domain melalui pendaftar domain pihak ketiga, lalu menghubungkannya ke blog Blogger Anda.

Kemudahan Penggunaan – WordPress vs Blogger  

Kebanyakan orang yang ingin membuat blog bukanlah pembuat atau pengembang web. Mereka mungkin memiliki bisnis kecil, ingin berbagi ide dengan dunia, atau ingin mencoba hobi baru.
Blogger – Kemudahan Penggunaan
Blogger adalah platform bloging sederhana tempat Anda dapat membuat blog hanya dalam beberapa menit. Anda hanya perlu memiliki akun Google untuk memulai.
Pergi ke situs Blogger dan kemudian daftar dengan akun Google Anda. Setelah itu, klik opsi ‘Buat Blog Baru’. Selanjutnya, Anda bisa memilih nama tampilan, lalu buat judul blog, alamat blog, dan tema.
Setelah Anda selesai melakukannya, blog Anda akan disiapkan. Selanjutnya, Anda dapat mengkonfigurasi pengaturan blog, mengedit tata letak blog Anda, dan menambahkan posting.
Prosesnya cukup sederhana. Tapi, jika Anda ingin menyesuaikan tema Anda, itu jauh lebih rumit. Untuk mengubah desain blog Anda di Blogger, Anda membutuhkan keahlian HTML.
WordPress – Kemudahan Penggunaan
Menyiapkan blog di WordPress adalah proses yang sederhana dan cepat. Anda tidak membutuhkan keahlian coding apa pun. Anda hanya perlu tahu cara arahkan-dan-klik di layar komputer untuk mengatur WordPress dan menginstal plugin WordPress.
Anda dapat mengikuti panduan pemula langkah demi langkah kami tentang cara memulai blog WordPress, dan Anda akan siap bekerja dalam waktu kurang dari 30 menit.
Setelah penyiapan selesai, Anda dapat memilih tema blog WordPress yang sesuai untuk blog Anda. Tema seperti template untuk blog Anda. Ini mengontrol tampilan blog Anda.
Setelah itu, Anda dapat menginstal plugin WordPress terbaik untuk memberikan lebih banyak fitur pada blog WordPress Anda.
Menambahkan konten ke WordPress sederhana dengan sistem posting dan halaman.
Anda dapat dengan mudah membuat konten teks, menambahkan gambar, video, dan media lain ke posting dan halaman WordPress Anda menggunakan editor blok yang intuitif.
Selain editor blok, WordPress memiliki opsi seret dan lepas pembuat halaman yang memungkinkan Anda menyesuaikan semuanya.
Meskipun proses penyiapan Blogger lebih cepat, WordPress mempermudah penyesuaian berbagai hal agar terlihat persis seperti yang Anda inginkan.

Kepemilikan – Blogger vs WordPress

Kepemilikan blog Anda adalah aspek penting lainnya yang perlu dipertimbangkan saat memilih situs blog.
Memiliki kepemilikan penuh atas blog Anda memberi Anda kebebasan untuk melakukan apa pun, termasuk cara menanganinya, cara memonetisasinya, dan kapan harus menutupnya.
Siapa yang Memiliki Blog Anda di Blogger?
Blogger adalah layanan blog yang disediakan oleh raksasa teknologi Google. Ini gratis, andal, dan memiliki cukup fitur untuk menerbitkan konten Anda di web dengan mudah.
Namun, itu bukan milik Anda.
Google menjalankan layanan ini dan berhak untuk mematikan atau menutup akses Anda ke sana kapan saja. Ini seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, yang dapat memblokir orang atau menangguhkan akun mereka tanpa peringatan.
Meskipun Anda tidak melakukan kesalahan apa pun, Anda masih bisa kehilangan blog Anda jika Google memutuskan untuk berhenti mendukung Blogger. Google memiliki sejarah meninggalkan proyek tanpa peringatan, seperti Feedburner.
Siapa yang Memiliki Blog Anda di WordPress?
Dengan WordPress, Anda menggunakan penyedia hosting WordPress untuk menghosting situs Anda. Anda bebas memutuskan berapa lama Anda ingin menjalankan blog Anda. Ini tidak akan ditutup tanpa peringatan.
Selain itu, Anda tidak terikat dengan host web tertentu. Anda dapat pindah ke host web baru kapan saja jika Anda mau. Dengan Blogger, Anda tidak dapat membawa blog Anda ke mana pun kecuali Blogger itu sendiri.
Saat Anda menggunakan WordPress untuk situs Anda, Anda memiliki semua data Anda, dan Anda mengontrol informasi apa yang Anda bagikan dengan pihak ketiga mana pun.

Keamanan – WordPress vs Blogger

Keamanan adalah aspek penting lainnya yang perlu dipertimbangkan saat memilih platform blog Anda. Jika situs Anda masuk daftar hitam atau diretas, Anda bisa kehilangan kerja keras selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.
Mengelola Keamanan di Blogger
Dengan menggunakan Blogger, Anda mendapatkan keuntungan tambahan dari platform Google yang kuat dan aman. Anda tidak perlu khawatir tentang mengelola sumber daya server Anda, mengamankan blog Anda, atau membuat cadangan.
Namun, jika Blogger mati, situs Anda juga akan… bersama dengan semua situs lain yang dihosting di Blogger. Anda tidak dapat melakukan apa pun untuk memulihkan blog Anda saat situs Blogger tidak aktif.
Mengelola Keamanan di WordPress
WordPress cukup aman, tetapi karena ini adalah solusi yang dihosting sendiri, Anda bertanggung jawab atas keamanan dan pencadangan.
Kabar baiknya adalah ada banyak plugin WordPress yang memudahkan Anda.
Misalnya, Anda dapat menggunakan UpdraftPlus atau VaultPress untuk membuat cadangan, dan Sucuri untuk firewall aplikasi web untuk meningkatkan keamanan situs.
Untuk panduan lengkap tentang mengelola keamanan di WordPress, lihat panduan keamanan WordPress utama kami.

Biaya yang diperlukan – Blogger vs WordPress

Anda tidak ingin blog Anda menghabiskan banyak uang. Selain itu, Anda tidak ingin terlalu terobsesi dengan “gratis” sehingga Anda kesulitan untuk mengembangkan blog Anda.
Penting untuk memikirkan tentang seberapa besar biaya platform blog Anda dalam hal uang dan peluang.
Biaya Pembuatan Blog di Blogger
Blogger adalah layanan blog yang sepenuhnya gratis. Ini menyediakan hosting blog gratis dan subdomain Blogspot gratis untuk memulai. Semua tema Blogger, gadget, dan opsi lainnya juga gratis, meskipun ada beberapa tema pihak ketiga yang dapat Anda bayar.
Jika Anda ingin menggunakan nama domain khusus dengan Blogger, Anda harus membelinya, biasanya berharga Rp. 150 ribu per tahun.
Meskipun platform Blogger benar-benar gratis, platform ini kekurangan banyak fitur yang Anda perlukan untuk membuat blog Anda sukses.
Biaya Pembuatan Blog di WordPress
Perangkat lunak WordPress gratis, tetapi Anda perlu membeli paket hosting dan nama domain untuk memulai blog. Anda bisa mendapatkan paket hosting WordPress hanya dengan Rp. 50 ribu per bulan.

Kesimpulan: Blogger vs WordPress – Mana yang Lebih Baik?

WordPress dan Blogger keduanya adalah platform blog yang banyak digunakan. Tetapi karena Anda harus memilih satu, itu tergantung pada tujuan blog Anda.
Jika tujuan Anda adalah membuat blog pribadi dan berbagi cerita, Anda dapat memilih platform sederhana seperti Blogger.
Tetapi jika Anda ingin membuat blog profesional yang dapat mencari nafkah, maka Anda memerlukan platform yang kuat seperti WordPress.
WordPress memberikan potensi yang lebih baik dalam mengembangkan sebuah website dari segi teknis dan konten.
Kami berharap perbandingan WordPress vs Blogger ini membantu Anda memahami pro dan kontra masing-masing dan membantu Anda membuat keputusan yang tepat untuk blog Anda.
Demikian pembahasan mengenai pilihan membuat sebuah blog/websitre menggunakan platform blogger atau Palform wordpress Self HostingBagaimaa mana yang mau anda ambil untuk membuat blog/website personal atau untuk mengembangkan bisnis anda?
Silahkan tuliskan komentar kalian dibawah ini sebagai media sharing kepada teman yang lain juga sehingga akan lebih menarik lagi. Jika masih terdapat kekurangan pada artikel ini anda juga bisa dengan muda melengkapinya dikolom komentar. Terima Kasih

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published.