Pada tutorial Cara Install Composer ini, kita akan belajar dan berkenalan tentang Composer. jadi akan dijelaskan pengertian composer, kegunaan composer. tidak hanya berkenalan dan belajar install composer. setelah menginstall composer kita juga akan belajar bagaimana cara penggunaan composer.

Pengertian Composer

Composer adalah dependency manager pada PHP. dependency sendiri jika diartikan ke dalam bahasa indonesia artinya adalah ketergantungan. ketergantungan yang dimaksudkan misalnya project PHP yang kita kerjakan memerlukan beberapa library dari luar.

Jadi penjelasan mudahnya dengan composer kita bisa menghubungkan project aplikasi kita dengan library dari luar. library dari mana? Ya, library atau package dari packagist.org.

Packagist.org merupakan situs yang menyimpan banyak sekali library PHP yang bisa kita gunakan dengan cara menghubungkannya atau mengambilnya menggunakan composer.

Baca Juga :

Jadi jika teman-teman ingin membuat library PHP agar bisa digunakan oleh programmer atau developer lain di luar sana, teman-teman bisa mengupload library yang ingin teman-teman bagikan itu ke packagist.org. nanti programmer atau developer di luar sana bisa dengan mudah menggunakan library yang teman-teman buat dengan cara mendownloadnya menggunakan composer.

Cara Install Composer

Silahkan buka link https://getcomposer.org/doc/00-intro.md untuk mendownload composer.


Setelah selesai di download. silahkan teman-teman buka installernya untuk mulai menginstall composer seperti cara menginstall aplikasi pada windows seperti biasa.

selanjutnya tinggal klik next dan next. seperti cara install aplikasi di windows seperti biasa, Abaikan centang “developer mode”. klik next saja. sampai selesai instalasi.

nah setelah teman-teman selesai menginstall composer, sekarang coba buka Command promp (CMD)

dan ketikkan composer.


Jika muncul seperti tampilan di atas, tandanya Anda telah berhasil mengistall composer di windows dengan baik.


Bila Anda mendapatkan gambar seperti bawah ini.

Anda perlu Pergi ke This PC > Properti > Adcanced system Settings

Baca Juga :


Sekarang klik Environment Variables.


Tambahkan C:xamppphp.
 



Sekarang restart command prompt.

Oke teman-teman, terima kasih sudah membaca tutorial Cara Install Composer di Windows.


Leave a Reply

Your email address will not be published.