Cara Membuat Sidebar Sticky Pada WordPress

Mungkin kamu ingin membuat sidebar sticky pada wordpress? atau ingin belajar membuat widget sidebar sticky pada wordpress?

cara membuat sticky sidebar pada wordpress

Membuat sticky sidebar wordpress bisa jadi cara ampuh untuk meningkatkan pengunjung dan cenderung memiliki rasio klik/impresi yang lebih tinggi daripada object statis. Inilah mengapa banyak website menggunakan elemen sticky di situs website mereka.

Kamu mungkin bingung bagaimana cara membuat sidebar sticky wordpress, jadi jangan khawatir, pada artikel kali ini, kita akan menunjukkan cara membuat sidebar sticky pada WordPress.

Kenapa Membuat Sidebar Sticky Widget?

Sticky widget pada sidebar akan membuat object selalu tetep berada pada layar pengunjung saat mereka scrol artikel ke bawah. Sticky sidebar memberikan lebih banyak kesempatan pada pengunjung untuk melihatnya dan mengkliknya. Kamu dapat menggunakannya untuk membuat daftar email, menampilkan promosi produk, berbagi postingan populer atau lain hal yang kamu suka.

Hal tersebut membantu website kamu untuk lebih menonjolkan informasi penting yang kamu sajikan untuk pengunjung.

Keuntungan Sticky Sidebar

Meningkatkan Pengalaman Pengguna Dalam Berinteraksi

Melalui sidebar sticky, kamu menawarkan pada pembaca kesempatan untuk menavigasi website kamu dengan mudah. Terkadang, mereka mungkin mendapatkan informasi yang tepat dengan menggunakannya dan akan menghemat waktu pada pengunjung website.

Meningkatkan Visibilitas

Branding adalah tren bisnis online baru-baru ini. sticky sidebar ini menciptakan kesan yang tak terlupakan tentang layanan website kamu kepada pengunjung.

Dengan menerapkan hal tersebut seperti meminta mereka untuk melihat dan kamu menciptakan kesadaran mereka pada website kamu. Kamu dapat menambahkan aset berharga apapun untuk pengunjung website kamu melalui sticky sidebar.

Konversi Tinggi

Ketika pengunjung kamu mendapatkan konten tertentu, mereka pasti akan mencoba mengklik. Jika kamu melihat penawaran eksklusif yang terkait dengan halam yang mereka baca, mereka akan sangat tertarik untuk mendapatkan kesempatan tersebut.

Cara Membuat Sticky Sidebar Tanpa Plugin

Sebagian besar pemilik website peduli dengan kecepatan website mereka dan karenanya tidak ingin menginstal beberapa plugin karena dapat mempengaruhi kinerja kecepatan.

Untuk membuat sidebar menjadi sticky kamu cukup menambahkan code CSS pada website kamu.

@media (min-width: 769px) {
 #right-sidebar {
    position: -webkit-sticky;
    position: sticky;
    top: 0;
   }
}

Cara Membuat Sticky Sidebar Dengan Plugin

Bagi kamu yang tidak mengerti bahasa pemrograman mungkin ragu untuk menambahkan atau mengedit kode dan mencari plugin terbaik untuk pada menyelesaikan hal tersebut dengan cepat.

Dibawah ini saya telah menggunakan plugin ini untuk membuat sticky sidebar pada wordpress. Plugin ini kompatibel dengan semua thema wordpress.

WP Sticky Sidebar

WP Sticky Sidebar adalah plugin sidebar sticky yang cepat untuk WordPress dan sangat kompatibel dengan semua thema, plugin, dan pembuat halaman.

Kamu tidak perlu repot-repot untuk menambahkan atau mengubah kode yang diperlukan utnuk membuatnya menjadi sticky. Dengan menggunakan plugin ini kamu hanya memerlukan beberapa klik aja, kamu dapat menambahkan sticky apa saja termasuk Header, widget atau elemen lainnya yang kamu inginkan.

Setelah kamu mengintal dan mengaktifkan plugin WP Stikcy Sidebar pada wordpress, kamu dapat pergi ke menu Apparance >> Fixed Widget pada halaman admin.

WP Sticky
WP Sticky

Setalah itu ceklis Improved version lalu save pada bagian bawah.

Setalah itu kamu pergi ke Apparace >> Widgets pada halaman admin website kamu dan klik button plus (+) untuk menambahkan widget baru yang akan kamu ingin buat menjadi sticky.

New Widget WP Sticky

Untuk kebutuhan tutorial kami menambahkan elemen Paragraph dengan tujuan penambahkan informasi kepada pengunjung.

Setelah menentukan widget dan sudah ceklis ‘Fixed Widget’ pada settingan widget, lalu simpan dan kamu dapat melihat website dan scroll kebawah pada postingan atau home page. Kamu akan melihat widget tersebut menjadi sticky, sperti terlihat dibawah ini.

Sekian artikel kali ini, kami harap artikel ini dapat membantu kamu cara membuat widget sidebar menjadi sticky pada wordpress.

Share on:

Leave a Reply

Your email address will not be published.