Sukuk Ritel (SR) seri SR016 mulai masa penawaran dari Jumat, 25 Februari 2022 sampai Kamis, 17 Maret 2022. Sukuk Ritel merupakan salah satu jenis Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau Sukuk Negara yang ditawarkan kepada individu warga negara Indonesia. 

SR016 memiliki tenor 3 tahun yang jatuh tempo pada 10 Maret 2025. Sukuk Ritel menjadi salah satu alternatif investasi syariah dari pemerintah yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan. 

Sukuk Ritel yang dijamin negara melalui Undang-Undang ini dikelola secara syariah, sehingga tidak ada unsur maysir (judi) gharar (ketidakjelasan) dan riba (usury). 

Salah satu keuntungan dari berinvestasi di Sukuk Ritel adalah mendapatkan imbal hasil tetap tiap bulan. Di 2022 ini, pemerintah memutuskan kupon SR016 sebesar 4,95% dengan pajak sebesar 10%. Jadi kupon bersih yang diterima adalah 4,45% setelah dipotong pajak. Kupon ini akan dibayarkan tanggal 10 setiap bulannya hingga waktu jatuh tempo.

Baca Juga :

Kamu bisa berinvestasi di Sukuk Ritel mulai dari Rp 1 juta dan maksimal Rp 2 miliar. Pembelian Sukuk Ritel berlaku kelipatan Rp 1 juta per unitnya. Contoh, kalau kamu beli Rp 10 juta, maka kamu akan mendapatkan 10 unit. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.